Minggu, 03 Mei 2015

Semakin Mahal, Headset Bluetooth Semakin Canggih

bluetooth 2
Berapakah dana yang harus disiapkan untuk membeli sebuah headset bluetooth yang andal? Asalkan hanya membutuhkan fitur dasar untuk bertelepon, Anda cukup menyiapkan anggaran Rp 200 ribuan. Dengan dana sebesar itu, Anda sudah bisa memperoleh headset bluetooth bermerek global dalam kondisi baru dan bergaransi resmi.
Misalnya, Jabra BT2046, Nokia BH-112, Sony MBH10, dan HP H3200. Semakin banyak anggaran yang Anda miliki, semakin banyak pula pilihan yang tersedia. Semakin mahal headset bluetooth, biasanya semakin canggih fitur yang tertanam di dalamnya. Misalnya, headset bluetooth itu dilengkapi fitur noise cancellation.
Dalam bahasa yang sederhana, noise cancellation adalah kemampuan untuk menyaring suara di sekitar pengguna headset bluetooth. Anggaplah Anda sedang bertelepon di tepi jalan yang ramai. Suara kendaraan bermotor cukup keras. Klakson bersahut-sahutan.
Kalau Anda bertelepon memakai headset bluetooth dengan kemampuan standar, ramainya lalu lintas akan terdengar oleh lawan bicara. Demikian pula suara klakson. Lawan bicara mungkin takkan terlalu jelas menangkap kalimat yang Anda ucapkan.
Sebaliknya, bila Anda memanfaatkan headset bluetooth berfitur noise cancellation alias active noise control, suara di sekitar Anda akan disaring. Suara yang dominan diterima oleh lawan bicara adalah suara Anda. Klakson dan derum mesin kendaraan bermotor hanya terdengar sayup-sayup, bahkan nyaris hilang.
Fitur headset bluetooth premium terus berkembang. Tahun lalu, contohnya, muncul headset bluetooth yang dibekali dengan sensor pemantau detak jantung. Peranti bernama Jabra Sport Pulse Wireless itu juga mengantongi sertifikat IP55 sehingga boleh dipakai sambil berhujan-hujan. Tentu saja harga jualnya bukan Rp 300 ribu atau Rp 500 ribu. Peminat harus siap mengeluarkan dana Rp 2 jutaan.

0 komentar:

Posting Komentar