Selasa, 03 Februari 2015

Libre Office

Sejarah Singkat Libre Office Writer

Nama Libreoffice merupakan gabungan dari dua  kata yakni libre ( bahasa Spain dan FRANCE yang berarti bebas) dan office ( bahasa inggris yang berarti kantor). Penggabungan ini dapat di artikan jika libreoffice adalah sebuah perangkat lunak yang bebas atau free. Bebas untuk diunduh,digunakan dan didistribusikan.
Libreoffice ialah sebuah paket aplikasi perkantoran yang berhubungan khusus dengan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org  pada tahun 2010 sudah diakui oleh Oracle.
Masa depan pengembangan libreoffice writer dapat terjadi saat point utama pengembangan terpenuhi yang diantaranya yaitu:
  • Source code rewrite setiap modul dalam LibreOffice.
  • Mengurangi ketergantungan LibreOffice pada Java.
  • Improvisasi layout fidelity pada Writer dan slideshow fidelity pada Impress.
  • Konversi format dari office suite lain yang lebih baik.
  • Fungsi penggunaan libreoffice writer
Adapun fungsi yang tampak dari penggunaannya ialah:
  • Berfungsi untuk membuat dokumen pribadi atau perkantoran seperti surat, makalah, laporan dan dokumen penting lainnya.
  • Untuk menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Atau dengan kata lain tanpa perijinan khusus yang diciptakan melalui UU.
  • Perkembangannya yang terbuka dan mandiri menjadikan perangkat lunak ini berada dalam naungan nirlaba ( tempat untuk menghasilkan ).
  • Dapat digunakan pula untuk kegiatan presentasi pada promosi barang karena  terdapat aplikasi remote control.
  1. Fitur Unggulan
  • Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
  • Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
  • Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
  • Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi   Microsoft Office 2007 dan terbaru.
  • Menyimpan dokumen dalam format PDF.
  • Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
  • Aplikasi Remote Control untuk Presentasi.
  • Berkolaborasi melalui CMIS Protocol. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu dokumen secara online.
Keunggulan LibreOffice
  • Murah, jelas LibreOffice jauh lebih ekonomis karena LibreOffice berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi
  • Bebas, menggunakan LibreOffice adalah sebuah pilihan bijak karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika anda menggunakan sistem operasi Microsof Windows, tersedia pula paket program LibreOffice versi Windows.
  • Mudah, dalam LibreOffice Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office. Hampir semua format dokumen Microsoft Office dapat dibaca menggunakan LibreOffice.
  • Bersahabat, peralihan dari LibreOffice rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar. Pada beberapa aplikasi pengolah kata lain, file yang dibuat dengan rilis lama kadang sukar dibuka di rilis terbaru.
  • Stabil, program LibreOffice boleh dibilang lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan LibreOffice sulit untuk diserang oleh virus. Sangat jarang ditemui program yang mengalami crash.
  • Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program LibreOffice sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.
Tutorial Cara Menginstall Libre Office :
  • double klik icon installernya. Sampai muncul seperti ini klik Next.
n
  • Jika ingin menginstall semua fitur yang ada di dalamnya secara lengkap, pilih Typical atau jika tidak pilih Custom. Kemudian klik Next.
b

  • Selanjutnya klik install.
v
  • Tunggu proses installasi, hingga muncull seperti ini. Kemudian klik Finish.
mn
  • Dan selesai.. Libre Office sudah terinstall. lalu Pilihlah Office yang ingin Dijalankan

Fitur LibreOffice:
1. Aplikasi office yang bisa didownload dan diinstall secara gratis.
2. Support lebih dari 30 bahasa.
3. LGPL Public license, sehingga anda bisa menggunakan, memodifikasi, dan menggandakannya secara gratis.
4. Dukungan support penuh secara gratis dari komunitas free user support maupun developer support.
5. Libre Office merupakan open source community-driven project, dimana setiap orang bisa ikut mengembangkan LibreOffice untuk bisa menjadi lebih baik.
6. Memiliki fitur dan manfaat yang hampir sama dengan Microsoft Office.
Kelebihan LibreOffice:
1. LibreOffice merupakan aplikasi office yang gratis dan bebas anda gunakan maupun anda sebarkan, sedangkan microsoft office merupakan aplikasi office yang harganya sangat mahal (Microsoft Office Professional dijual dengan harga $499.99!!)
2. LibreOffice memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office.
3. LibreOffice bisa digunakan untuk membuka dokumen yang menggunakan format microsoft office.
Kekurangan LibreOffice:
  1. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office, terdapat beberapa letak tombol dan fungsi yang berbeda dengan microsoft office, sehingga anda perlu sedikit penyesuaian dalam menggunakannya.
  2. Terkadang dalam membuka file yang berformat microsoft office (.doc, .xls, .ppt dsb), beberapa format seperti penataan paragraf, tabel dsb menjadi sedikit tidak beraturan.
Microsoft Word
Kelebihan  :
  1. Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
  2. Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  3. Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
  4. Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
  5. Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
  6. Kelemahan:
  7. Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  8. Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
  9. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
  10. Installer yang lebih besar.
  11. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
  12. Minimal OS Windows XP dengan SP2.

Aplikasi Yang Serupa Dengan Libre Office :
Microsoft Word :
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.
Fungsi Microsoft Word
Adapun fungsi dari mirosoft word adalah sebagai pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan aplikasi ini seperti:
  • membuat surat
  • membuat tabel
  • membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
  • memasukan gambar
  • dan membuat dokumen
Manfaat Microsoft word
Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3. Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.

Terima kasih telah membaca Entri ini :D

0 komentar:

Posting Komentar